Majalah Berita Indonesia

Sunday, May 28th

Last update01:43:53 AM GMT

You are here Berita Politik Wiranto Siap Hadapi SBY
Jual Buku Al-Zaytun Sumber Inspirasi
Kuis Tokoh Indonesia - TokohIndonesia.com

Wiranto Siap Hadapi SBY

E-mail Print PDF

Mantan Menhankam/Pangab Jenderal TNI (Purn) Wiranto yang bulan Desember lalu mendeklarasikan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) menyatakan siap bersaing dengan Jenderal TNI (Purn) Susilo Bambang Yudhoyono dalam pemilihan Presiden 2009 mendatang.

Wiranto saat pendeklarasian Partai Hanura.Saya siap, kenapa tidak, meski beliau (SBY) dalam posisi incumbent (sedang menjabat),” ujarnya menjawab pertanyaan wartawan. Wiranto mengemukakan itu usai bersama pengurus Partai Hanura diterima Ketua DPR Agung Laksono di gedung DPR Senayan, Rabu (17/1).

Ia bertemu dengan pimpinan DPR untuk menyampaikan perkembangan Partai Hanura sebagai bagian dari rakyat Indonesia. Dan ini menurutnya merupakan hal yang wajar. Soal banyaknya tokoh partai lain yang bergabung ke Partai Hanura, Wiranto menyatakan karena punya visi dan misi yang sama. Yakni menempatkan kesejahteraan rakyat sebagai visi dan misi perjuangan partai.

Ditanya mengenai banyaknya kritik yang diarahkan ke pemerintahan SBY-JK, Wiranto menyatakan mestinya pemerintah segera menyikapinya dengan mengeluarkan kebijakan yang lebih prorakyat. SP (Berita Indonesia 31)


Papernas Calonkan Dita
Kongres pembentukan Partai Persatuan Pembebasan Nasional (Papernas) di Kaliurang, DI Yogyakarta, 18-20 Januari lalu menghasilkan sejumlah kesepakatan. Kongres ini nyaris dibubarkan massa yang mengatasnamakan Front Anti Komunis Indonesia karena menganggap partai ini sebagai embrio komunis.

Kongres antara lain menetapkan Agus Priyono sebagai Ketua Umum Papernas dan Haris Sitorus sebagai Sekjen. Sebagai formatur, mereka akan dibantu tiga orang lagi untuk melengkapi struktur dewan pimpinan pusat (DPP) partai dan alat kelengkapan organisasi lainnya.

Partai ini juga menetapkan Dita Indah Sari sebagai calon presiden pada Pilpres 2009 nanti. “Karena kemarin kami sudah launching calon presiden, kami juga sudah tetapkan Dita Indah Sari sebagai calon,” ujar Lukman Hakim, Ketua Standing Committee Panitia Kongres.

Kongres itu yang diikuti 370 peserta dari 23 provinsi ini membabas sejumlah program dengan program paling pokok berupa Tri Panji Persatuan Nasional. Isinya adalah nasionalisasi perusahaan tambang, hapus utang luar negeri dan bangun industri nasional untuk kesejahteraan masyarakat.

“Tri Panji sebenarnya program yang kami usung enam bulan ini dan akan menjadi program ke depan. Detailnya akan dibicarakan oleh pimpinan pusat yang terpilih’ jelas Lukman. SP (Berita Indonesia 31)


Gebrakan PAN:DPR Cukup Dua Periode
DPP PAN membuat gebrakan. Partai berlambang matahari ini memelopori pembatasan masa jabatan anggota DPR. Rapat pleno yang digelar di Jakarta 13 Januari lalu, memutuskan masa jabatan kadernya di DPR dibatasi cukup dua periode.

“Itu pun kalau yang bersangkutan berprestasi,” ujar Sekjen DPP PAN Zulkifli Hasan ketika menjelaskan hasil rapat yang dipimpin Ketua Umum DPP PAN Soetrisno Bachir. Rapat dihadiri 45 pengurus harian, 112 kepala departemen dan 53 anggota DPR.

Selama ini ada anggota DPR yang duduk di Senayan hingga puluhan tahun. Sebab memang tidak ada UU yang membatasinya. Akibatnya, ada politisi yang mangkal di Senayan sampai lima periode atau 25 tahun.

Aturan ini, menurut Zulkifli, diharapkan membuat wakil rakyat bekerja optimal selama masa jabatannya di DPR. Sebab jadi wakil rakyat tidak boleh dianggap sebagai “pekerjaaan” seumur hidup. “Kalau ada anggota yang tidak berprestasi, bisa saja cukup satu periode,” tegasnya.

Keputusan DPP PAN ini membuat sejumlah politsi yang saat ini berkiprah di DPR tertutup peluangnya untuk maju lagi dalam Pemilu 2009. Diantaranya Djoko Susilo (Jatim), Alvin Lie (Jateng), Ahmad Farhan Hamid (Aceh) dan Afni Ahmad (DKI Jakata). Djoko Susilo mengaku tidak ada masalah dengan kebijakan pembatasan yang dikeluarkan partainya. “Tidak ada masalah. Saya siap saja. Saya menghormati keputusan partai,” ujarnya. Dia pun berkomitmen akan tetap loyal terhadap partainya.SP (Berita Indonesia 31)


Related Articles:

Beri Komentar


Kode keamanan Refresh

Biografi Bismar Siregar di TokohIndonesia.com
Biografi Haryono Suyono di TokohIndonesia.com
Biografi Kak Seto di TokohIndonesia.com
Biografi Jusuf Kalla di TokohIndonesia.com
Biografi Hatta Rajasa di TokohIndonesia.com