Majalah Berita Indonesia

Sunday, May 28th

Last update01:43:53 AM GMT

You are here Berita Olahraga Pesta Rakyat Telah Dimulai
Jual Buku Al-Zaytun Sumber Inspirasi
Kuis Tokoh Indonesia - TokohIndonesia.com

Pesta Rakyat Telah Dimulai

E-mail Print PDF

Meriah piala dunia sudah dimulai sejak pengundian grup, 4/12/09 di Cape Town, AfselHere we go! ale,ale,ale! Go, go, goal! ale,ale,ale. Tidak lama lagi sorak-sorai itu akan terdengar saat 32 timnas negara-negara di dunia memperebutkan lambang supremasi tertinggi sepak bola, Piala Dunia. Afrika Selatan untuk pertama kalinya terpilih menjadi tuan rumah penyelenggara pesta olah raga terakbar di muka bumi ini yang akan dilangsungkan pada bulan Juni 2010. Inilah pertama kalinya Benua Hitam menjadi tuan rumah, selama hampir 80 tahun Piala Dunia dilaksanakan, sejak pertama digelar di Uruguay tahun 1930. Terpilihnya Afrika Selatan, tidak lepas dari penampilan timnas Afrika Selatan yang sudah dua kali ikut PD (1998 dan 2002) dan masuk ke dalam konfedarasi sepakbola Afrika (CAF) menunjukkan kelas mereka sebagai tim tangguh sehingga mereka dianggap layak menjadi penyelenggara kali ini.

Gaung Piala Dunia sudah mulai terasa pada saat drawing pengundian grup dari 32 negara dilakukan pada 4 Desember 2009 di Cape Town. Ribuan penggila bola baik tua, muda, laki-laki, dan perempuan, dengan gaya dan pakaian masing-masing tumpah ruah di jalanan di kawasan Long Street, Cape Town, Afrika Selatan, tempat berlangsungnya Fan Festival yang digelar bersamaan dengan undian grup final Piala Dunia 2010. Mereka bernyanyi dan menari di jalan. Salah satu warga Cape Town, Joseph Khaigo mengatakan, “Pesta rakyat telah dimulai. Kami, warga Afrika Selatan, menyambut baik datangnya Piala Dunia ini. Sebagai negara Afrika pertama, kami ingin menunjukkan yang terbaik bagi dunia,” katanya.

Untuk mendukung penyelenggaraan Piala Dunia, tuan rumah Afrika Selatan bahkan telah mencetak sekitar 1 juta tiket. “Apa yang harus kami lakukan sekarang adalah tetap mendukung Piala Dunia, bukan hanya dengan apa yang terjadi di lapangan, melainkan juga dalam penjualan tiket pertandingan,”kata Danny Jordaan, Ketua Eksekutif Piala Dunia Afrika Selatan 2010. Kendati harga cukup mahal menurutnya, peluang para pecinta sepakbola dari negara Afrika untuk memperoleh tiket Piala Dunia cukup besar. Seperti diketahui tiket pertandingan babak penyisihan berharga sekira 12,50 hingga 101 pounds, tiket babak eliminasi naik menjadi 285 pounds. Sedangkan untuk partai final Piala Dunia berkisar antara 95 hingga 570 pounds.

Dari hasil drawing yang dilakukan di Cape Town, negara tim Bafana begitu nama julukan bagi tim Afrika Selatan ini, sebagai tuan rumah juga masuk dalam tim unggulan bersama-sama dengan Brasil, Italia, Spanyol, Jerman, Argentina, Belanda, Inggris dan Afrika Selatan. Sementara Prancis dan Portugal kali ini menjadi tim yang tidak diunggulkan. Karena tim unggulan ditentukan pada peringkat FIFA. Seperti yang dirilis pada bulan Oktober tahun lalu, Prancis tidak masuk dalam tujuh besar dan hanya bercokol pada peringkat sembilan FIFA.

Dipastikan, Piala Dunia kali ini akan berbeda dari penyelenggaraan Piala Dunia sebelumnya yang akan lebih seru dan menarik. Badan organisasi sepakbola dunia FIFA memasang target di Piala Dunia Afrika Selatan 2010 untuk dapat memecahkan rekor jumlah penonton di dunia, dari sebelum-sebelumnya. Demi memuluskan tujuan tersebut, tak tanggung-tanggung untuk hadiah turnamen yang akan dilakukan pada 11 Juni-11 Juli 2010 ini, FIFA telah menyetujui proposal peningkatan jumlah hadiah untuk juara Piala Dunia 2010 yang mencapai 250 juta poundsterling atau Rp 3,9 triliun. Jauh lebih tinggi dari jumlah hadiah yang diberikan pada 2006 sebesar 158 juta pounds.

Juara pertama akan membawa pulang 18 juta pounds atau Rp 280 miliar. Runner-up mendapat 14,5 juta pounds sekitar Rp 226 miliar. Sedangkan untuk tim yang tampil di semifinal akan memperoleh 12 juta pounds dan tim yang berlaga di perempat final mendapat 11 juta pounds.

Sementara, 16 tim yang berlaga di babak delapan besar mendapat 5,5 juta pounds. Sedangkan tim yang gagal lolos dari fase grup, mendapat lima juta pounds. Dan seluruh kontestan dari 32 negara juga akan dibekali uang 600 ribu pounds oleh FIFA selama persiapan. Sedangkan sisanya, 24 juta pounds akan diberikan FIFA kepada asosiasi klub yang pemainnya tampil di putaran final. Daya tarik inilah yang akan membuat para kontestan akan mengeluarkan performa terbaiknya untuk meraih dan mempertahankan reputasi tim masing-masing. Baik tim yang diunggulkan maupun tim under dog.

Dari 32 negara yang yang ikut bertanding dibagi dalam delapan grup. Tuan rumah sendiri, Afrika Selatan masuk dalam grup A bersama Meksiko, Uruguay, dan Prancis. Dimana Uruguay (1930 dan 1950) dan Prancis (1998) sama-sama mantan juara dunia. Namun, pelatih timnas Afrika Selatan asal Brazil, Carlos Alberto Parreira, mengatakan tidak akan takut. Menurutnya hal tersebut justru menjadi sebuah tantangan.

Begitu juga dengan timnas Prancis, walau tidak masuk dalam tim unggulan, tim ini tetap menjadi tim favorit di grup A dan akan menjadi ancaman bagi tim-tim yang lainnya. Walau dengan kemenangan kontroversial untuk memperebutkan tiket ke Afrika Selatan - handsball kapten Prancis Thierry Henry yang mengkandaskan harapan Irlandia untuk masuk putaran Piala Dunia - kejadian tersebut dipastikan membuat tim Ayam Jantan julukan bagi timnas Prancis akan semakin termotivasi bahwa mereka layak menjadi bagian dari Piala Dunia di Afrika Selatan 2010.

Semua Tim Optimis
Sebagai tim unggulan, Brasil berada di grup G bersama Portugal, Pantai Gading, dan Korea Selatan. Grup ini disebut sebagai salah satu grup neraka. Meski demikian, Brazil yang sudah langganan dalam keikutsertaannya dalam Piala Dunia, diyakini akan keluar sebagai juara grup. Meskipun lawan-lawan yang dihadapi dalam grup ini bukan lawan-lawan sembarangan. Seperti Portugal dan Pantai Gading yang diisi oleh bintang kelas dunia seperti Cristian Ronaldo yang merumput bersama klub Real Madrid, Spanyol. Serta Didier Droghba pemain Pantai Gading yang bermain di Chelsea salah satu klub papan atas Inggris. Begitu juga dengan Korea Selatan yang telah tujuh kali ikut bagian dalam Piala Dunia dan masuk dalam peringat 52 dan pernah masuk semifinal pada Piala Dunia 2002 saat menjadi tuan rumah bersama dengan Jepang. Mereka juga memiliki teknik bermain cepat ala permainan Belanda. Grup G sama-sama memiliki para pemain yang merumput di klub-klub Eropa.

Ribuan penggila bola tumpah ruah di jalanan di kawasan Long Street, Cape Town, Afrika Selatan, tempat berlangsungnya FIFA Fan Festival, 4 Des 2009Begitu juga dengan tim kesebelasan Jerman, berada di grup D dengan Australia, Serbia, dan Ghana. Pelatih Jerman Joachim Loew optimis kekuatan Timnas Jerman semakin mantap menghadapi Piala Dunia 2010 mendatang. Loew sangat optimis mengenai peluang Der Panzer yang pernah berada pada urutan tiga pada PD 2006. “Secara taktik kami lebih kuat ketimbang turnamen 2006 dan 2008 yang lalu,” tegas Loew. Namun demikian Loew mengingatkan timnya tidak boleh meremehkan kekuatan yang dimiliki para pesaing mereka di Grup D. Menurutnya Serbia memainkan sepakbola dengan level bagus, secara teknik sempurna dan sangat cepat. Sedangkan Ghana juga memiliki kecepatan dan fisik yang sangat kuat. Sementara Australia tidak takut terhadap apapun. Para pemain Australia selalu siap mengambil risiko dengan insipirasi dari Inggris Raya dan senantiasa memiliki sikap yang positif.

Sedangkan juara PD 2006, Italia berada di Grup F bersama Paraguay, Selandia Baru dan Slovakia. Italia dinilai sangat beruntung karena akan relatif mudah melalui fase penyisihan untuk masuk pada putaran berikutnya. Namun di grup ini ada Paraguay yang dinilai akan menjadi lawan terberat buat skuad besutan Marcelo Lippi tersebut. Paraguay memiliki beberapa pemain terbaik dunia. Mantan arsitek Paraguay, Casare Maldini yang juga ayah dari Paolo Maldini pemain Inter Milan mengatakan, “Italia boleh puas dengan hasil drawing ini. Tapi, Paraguay akan menjadi lawan terberat mereka di grup ini. Paraguay merupakan tim tangguh dengan memiliki teknik, kekuatan fisik yang bagus dan mereka tahu bagaimana cara bertahan,” kata Maldini. Ia mengatakannya setelah melihat penampilan Paraguay selama babak kualifikasi. Dan di antara pemain mereka banyak yang merumput di Eropa di antaranya Roque Santa Cruz yang memiliki talenta sangat luar biasa.

Sementara Inggris akan berhadapan dengan Amerika Serikat (AS), Slovenia dan Aljazair yang berada di Grup C. Grup ini disebut sebagai grup ringan, namun pelatih Inggris Fabio Capello, mengingatkan para pemainnya untuk tidak besar kepala di Piala Dunia 2010 nanti. Usai drawing Piala Duma di Cape Town, Capello mengatakan, secara psikologis pertandingan yang akan dijalani di sini akan berbeda dengan pertandingan lain. Selain itu, tidak akan mudah, ia menjelaskan seperti AS, memiliki persiapan lebih lama karena kompetisi sepak bola negara mereka telah berakhir. Pemain memiliki waktu yang cukup untuk memulihkan kondisi. AS secara fisik dan teknik cukup bagus. Saya menyaksikan mereka mengalahkan Spanyol di Piala Konfederasi.

Dalam sepak bola segala sesuatu bisa terjadi, tim unggulan dan under dog hanya dibedakan antara mental dan spirit. Tim yang memilikinya di negeri Benua Hitam, dipastikan akan menjadi jawara sepak bola dunia berikutnya.BS,LOR (Berita Indonesia 73)


Hasil Final Draw Piala Dunia 2010 Afrika Selatan

Grup A
1. Afrika Selatan
2. Mexico
3. Uruguay
4. Prancis

Grup B
1. Argentina
2. Nigeria
3. Republik Korea Selatan
4. Yunani

Grup C
1. Inggris
2. Amerika Serikat
3. Aljazair
4. Slovenia

Grup D
1. Jerman
2. Australia
3. Serbia
4. Ghana

Grup E
1. Belanda
2. Denmark
3. Jepang
4. Kamerun

Grup F
1. Italia
2. Paraguay
3. Selandia Baru
4. Slovakia

Grup G
1. Brasil
2. Korea Utara
3. Pantai Gading
4. Portugal

Grup H
1. Spanyol
2. Swiss
3. Honduras
4. Chile


Related Articles:

Beri Komentar


Kode keamanan Refresh

Biografi Bismar Siregar di TokohIndonesia.com
Biografi Haryono Suyono di TokohIndonesia.com
Biografi Kak Seto di TokohIndonesia.com
Biografi Jusuf Kalla di TokohIndonesia.com
Biografi Hatta Rajasa di TokohIndonesia.com