Majalah Berita Indonesia

Sunday, May 28th

Last update01:43:53 AM GMT

You are here Berita Iptek Dua Laptop Untuk Dua Pekerjaan
Jual Buku Al-Zaytun Sumber Inspirasi
Kuis Tokoh Indonesia - TokohIndonesia.com

Dua Laptop Untuk Dua Pekerjaan

E-mail Print PDF

MacBook AirBagi Anda yang berkantong tebal, memiliki dua laptop untuk keperluan pekerjaan bisa jadi suatu keharusan. Satu laptop untuk pekerjaan berat, satu laptop lagi untuk pekerjaan ringan.

Laptop sekarang ini harganya semakin murah dan banyak pilihan. Bagi kita yang sering berkutat dengan database bisnis, mengutak-atik foto, edit film, atau bermain game 3D, laptop kelas atas (high end) dengan ukuran layar minimal 15.4", pasti jadi pilihan. Namun konsekuensinya, konsumsi daya lebih boros (daya tahan baterai sekitar 2 jam) dan kurang nyaman ditenteng karena beratnya di atas 2 kg. Sedangkan bagi mereka yang hanya mengerjakan hal-hal praktis seperti mengetik atau mengirim e-mail, laptop yang dipilih tentu laptop yang ringkas dan ramping, layarnya 12", bobotnya di bawah 2 kg. Konsekuensinya, semakin ramping laptop, semakin mahal harganya.

Laptop yang diperkenalkan CEO Apple, Steve Jobs, pada pembukaan Macworld Expo di San Fransisco akhir Januari lalu, sangat menarik perhatian dunia terutama bagi pengguna yang menginginkan laptop yang ringkas dan ramping. Laptop yang diberi nama MacBook Air ini diklaim sebagai yang tertipis di dunia.

Untuk menunjukkan betapa tipisnya MacBook Air, Steve Jobs mengeluarkannya dari sebuah amplop cokelat yang biasa dipakai untuk mengirim kertas dokumen. Meski tebalnya hanya 1,93 centimeter pada sisi paling tebal dan 0,4 centimeter di bagian paling tipis, MacBook Air dilengkapi prosesor Intel tercepat paling anyar yang diperkecil hingga 60 persen dari ukuran standar, khusus untuk laptop ini. Fitur-fitur yang dibenamkan pada MacBook Air ini diilhami iPod dan Iphone. Misalnya, Apple menggunakan hard disk mini seperti halnya yang dilakukan pada iPod dan touch pad yang menyerupai tekstur layar sentuh pada iPhone. MacBook Air memiliki baterai yang tahan lima jam dengan monitor berukuran 13,3 inch.

Lenovo ThinkPad X6Karena didesain tipis, beberapa fitur terpaksa dikurangi atau ditiadakan. MacBook Air tidak memiliki drive CD/DVD, hanya memiliki sebuah port mag-safe power-adapter, sebuah port USB tunggal, sebuah port mikro Digital Video Interface (DVI) yang berguna untuk layar monitor eksternal dan sebuah lubang headphone jack. Port firewire yang biasa digunakan agar hard disk internal dapat dibaca di komputer lain dihilangkan dari MacBook Air karena jika memakai port ini akan membutuhkan ruang yang besar dan hal ini dimaksudkan untuk mengurangi kelebihan fungsionalitas.

Pilihan pengguna akan laptop ringkas dan ramping sebenarnya cukup banyak. Meski merupakan laptop tertipis di dunia, MacBook Air yang memiliki berat 1,5 kg bukanlah laptop teringan di dunia. Masih ada jajaran laptop-laptop ringan lainnya, seperti Toshiba, Lenovo, Fujitsu, dan Sony yang diluncurkan beberapa tahun lalu. Laptop Toshiba Portege R500, misalnya, memiliki berat 0,86 kg. Sedangkan Lenovo ThinkPad X61 memiliki berat 1,35 kg. Namun, banyak orang tidak mengenal laptop-laptop ringan ini sebab pasarnya sangat terbatas. Laptop-laptop super ringan (ultra portable) ini sulit dijual di pasaran karena beberapa faktor diantaranya harganya mahal (semakin kecil komponen internal, maka akan semakin mahal biaya yang dibutuhkan), minim fitur (semakin mini laptop maka semakin minim fitur yang tersedia), dan hanya cocok bagi orang yang sering bepergian dan untuk menyelesaikan tugas-tugas ringan. MLP (BI 55)


Related Articles:

Beri Komentar


Kode keamanan Refresh

Biografi Bismar Siregar di TokohIndonesia.com
Biografi Haryono Suyono di TokohIndonesia.com
Biografi Kak Seto di TokohIndonesia.com
Biografi Jusuf Kalla di TokohIndonesia.com
Biografi Hatta Rajasa di TokohIndonesia.com