Majalah Berita Indonesia

Thursday, Apr 27th

Last update01:43:53 AM GMT

You are here Berita Iptek Mencari Uang Dengan Google Adsense
Jual Buku Al-Zaytun Sumber Inspirasi
Kuis Tokoh Indonesia - TokohIndonesia.com

Mencari Uang Dengan Google Adsense

E-mail Print PDF

Semenjak diperkenalkannya metode pay per click (PPC) dari Google, dunia bisnis di internet menjadi berubah. Lewat Google Adsense Sejak diperkenalkan tahun 2003, Google Adsense merevolusi berbagai situs, khususnya situs pribadi dan blog menjadi sumber pendapatan bagi pemiliknya.

Dulu, memulai bisnis (menjual produk) di internet lewat program afiliasi tidaklah mudah. Kita harus menjalin kerjasama dengan para penjual produk dengan mendaftar di situs-situs mereka. Setelah itu kita menaruh banner ads (iklan) produk mereka di situs milik kita. Kalau ada produk mereka yang laku kita jual lewat situs milik kita, kita akan mendapat komisi. Namun semenjak diperkenalkannya metode pay per click (PPC) dari Google, dunia bisnis di internet menjadi berubah. Lewat Google Adsense lahir jutawan online tanpa harus mencari investor-investor besar seperti yang biasa dilakukan perusahaan-perusahaan dot com dari Silicon Valley.

Di Amerika sendiri, banyak yang sudah mendapat ratusan ribu bahkan jutaan dolar berkat memasang iklan dari Google Adsense, seperti situs plentyoffish.com (perjodohan), digg.com (berita) atau ezinearticles.com. Hebatnya, rata-rata situs mereka lahir dari garasi atau rumah dengan modal PC yang terkoneksi ke internet. Perusahaan-perusahaan besar seperti Amazon.com, New York Times dan About.com kemudian ikut-ikutan mendulang uang dari Google Adsense.

Layanan Google Adsense juga memberikan penghasilan bagi sebagian orang di tanah air. Mereka bisa mendapatkan fulus 3 hingga 4 digit dalam US dollar setiap bulan. ‘Keberhasilan’ mereka ini kemudian digunakan situs-situs tertentu untuk mengeruk keuntungan dari orang-orang yang belum paham tentang Google Adsense. Mereka menjual e-book, software, bahkan pelatihan tentang bagaimana cara mendulang uang dari internet sambil ongkang kaki di depan komputer. Kenyataannya, model bisnis apa pun yang ada di dunia maya, tetap memerlukan perhatian, ketekunan dan usaha keras. Begitu pula halnya mencari uang dengan Google Adsense.

Lewat layanan Google Adsense, kita dapat memasang iklan-iklan tertentu – bisa berbentuk teks, gambar atau video – di situs kita sendiri dan mendapatkan penghasilan tambahan. Iklan-iklan yang tampil di situs kita ini relevan atau sesuai dengan isi (content) situs kita itu. Bila tema utama situs kita tentang seluk-beluk memelihara anjing, maka iklan-iklan yang muncul juga berkaitan dengan tema situs kita itu. Cara menaruh iklan-iklan Adsense itu sangat mudah yaitu dengan menyisipkan kode JavaScript yang diberikan Google ke halaman situs kita. Seluruh iklan-iklan itu disimpan di server milik Google sendiri, sehingga kita tidak perlu menyediakan ruang khusus di server kita untuk Adsense ataupun meng-upload file-file tertentu.

Google Adsense Control PanelLalu bagaimana cara bekerjanya sehingga penempatan iklan di situs kita itu bisa mendatangkan uang? Bila ada pengunjung yang meng-klik iklan-iklan Adsense di situs kita itu, kita akan mendapatkan sejumlah uang yang nilai bagiannya diperhitungkan dari besarnya bid yang telah ditentukan oleh si pemasang iklan (advertisers). Satu hal yang perlu dicatat, klik yang dihitung oleh Google adalah klik-klik yang dianggap valid. Kita tidak diperbolehkan meng-klik sendiri iklan di situs kita itu atau pun menyuruh orang lain meng-kliknya.

Syarat untuk bergabung dengan Google Adsense sangat mudah. Pertama, mempunyai situs baik situs yang di-hosting sendiri atau membuka situs di account gratis seperti blogger.com. Kedua, mendaftar di Google Adsense (google.com/adsense) sembari berdoa semoga pendaftaran itu diterima oleh Google. Sebab, kebanyakan usaha mendaftar di Google Adsense gagal karena situs-situs yang didaftarkan menggunakan bahasa yang tidak ‘diakui’ Google termasuk bahasa Indonesia. Jadi cara mengakalinya, sebelum mendaftar ke Google Adsense, pastikan sebagian atau seluruh situs kita itu mengandung content berbahasa Inggris. Soal darimana content-nya, bisa ditulis sendiri atau dicomot dari situs-situs lain. Setelah permohonan kita diterima oleh Google, kita akan mendapatkan akses ke Member Area Google AdSense. Di situ, selain tersedia tool untuk men-generate kode iklan yang dibutuhkan, juga terdapat halaman Report yang mencantumkan perolehan pendapatan kita beserta jumlah klik yang didapatkan, jumlah tampilan iklan, dan info-info penting lainnya.

Shawn Hogan, pendiri Digital Point Solutions, mengatakan perusahaannya memperoleh sekitar $10,000 per bulan dari Google untuk iklan yang ditaruh dalam forum diskusi situsnya. Pendapatan itu kemudian dibagi kepada para anggota forumSebagian besar orang bisa langsung mendapatkan fulus hingga ratusan dollar dari iklan-iklan yang ada di situs mereka di bulan pertama. Tidak sedikit pula, yang menyerah di tengah jalan karena hingga setahun pun tidak ada dollar yang bisa diperoleh. Atau ada yang ‘cukup beruntung’ dengan mengumpulkan beberapa dollar. Fulus yang berhasil kita kumpulkan itu akan dibayar oleh Google 30 hari setelah total pendapatan kita dalam satu bulan mencapai minimal $100. Jadi, apabila bulan September kita memperoleh $100, maka penghasilan kita tersebut akan dikirimkan pada akhir bulan Oktober. Untuk Indonesia, pembayaran akan dikirimkan dalam bentuk cek dan kita dapat memilih untuk menggunakan jasa pos ataupun DHL (Express Delivery) dalam proses pengiriman tersebut. Jika menggunakan jasa pos, waktu pengiriman biasanya paling cepat adalah 20-30 hari (tergantung alamat pengiriman). Sedangkan, jika menggunakan DHL, cek sudah akan kita terima dalam waktu 2-3 hari kerja dengan catatan, penghasilan kita itu akan dipotong sebesar $24 untuk biaya pengirimannya.

Potensi untuk memperoleh fulus hingga ribuan dollar per bulan lewat Google Adsense masih terbuka lebar. Namun, untuk mencapai ke sana, tidak ada yang instan. Pendapatan pasti dari Adsense tidak bisa ditentukan karena sangat tergantung pada tema situs dan jumlah pengunjung. Selain itu, kita juga harus rajin meng-update situs, mendaftarkan situs kita itu ke berbagai search engine, dan bila perlu membuka puluhan hingga ratusan situs yang menampilkan iklan dari Google Adsense. Kalaupun isi atau content situs kita masih jauh dari harapan, jangan berkecil hati. Sebab seperti apa yang dikatakan Danny Sulivan, editor dari Search Engine Watch, “Google Adsense merupakan layanan yang membayar orang bukan karena membuat konten yang terbaik namun karena membuat situs-situs yang bisa menarik lebih banyak iklan.” Jadi, tunggu apa lagi, bikin situs dan isinya, daftar ke Google Adsense dan buktikan, apakah Anda bisa memperoleh pendapatan dari sana melebihi gaji bulanan yang selama ini Anda terima. MLP (BI 47)


Related Articles:

Beri Komentar


Kode keamanan Refresh

Biografi Bismar Siregar di TokohIndonesia.com
Biografi Haryono Suyono di TokohIndonesia.com
Biografi Kak Seto di TokohIndonesia.com
Biografi Jusuf Kalla di TokohIndonesia.com
Biografi Hatta Rajasa di TokohIndonesia.com