Majalah Berita Indonesia

Sunday, May 28th

Last update01:43:53 AM GMT

You are here Berita Daerah Tarakan Siap Sambut PON 2008
Jual Buku Al-Zaytun Sumber Inspirasi
Kuis Tokoh Indonesia - TokohIndonesia.com

Tarakan Siap Sambut PON 2008

E-mail Print PDF

Satu dasawarsa menjadi kota dan menyatakan diri sebagai pusat pelayanan perdagangan di Wilayah Utara Kaltim, Tarakan terus tumbuh berkembang. Kesiapan menjadi tuan rumah PON 2008 salah satu buktinya.

Walikota Tarakan, Dr H Jusuf SKPenyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XVII di Kalimantan Timur,akan dilaksanakan tahun depan, 6-18 Juli 2008. Kepastian jadwal yang tertuang dalam SK KONI Nomor 1460/UMM/V/07 tanggal 15 Mei 2007 tersebut, sekaligus memberi kesempatan kepada beberapa kota di Kaltim yang dijadikan sebagai tempat terselenggaranya pesta olahraga akbar ini untuk berbenah diri.

Kota Samarinda misalnya. Pembangunan Stadion Utama dan kelengkapannya di atas lahan seluas 80 hektare (ha) dari 200 ha yang tersedia, sampai saat ini belum rampung. Untuk penyelesaian hingga seratus persen misalnya, diperlukan tambahan dana sebesar Rp 118 miliar. Ketua DPRD Kaltim Herlan Agussalim, setelah meninjau lokasi stadion yang terletak di Palaran itu, menyatakan kesediaannya menambah dana untuk penyelesaian stadion yang akan mempertandingkan 21 cabang olahraga. “Kita akan mengambil dananya dari APBD-Perubahan 2007. Dan, sebagai tuan rumah PON XVII 2008 kita harus berupaya menyukseskan. Sedang, untuk penambahan dana, ibaratnya biar tekor asal tersohor,” ungkapnya kepada wartawan di Samarinda.

Lain halnya dengan Tarakan. Kota terbesar di Wilayah Utara Kaltim atau berada di daerah perbatasan Sabah Malaysia Timur ini, menyatakan kesiapannya menyambut pesta olahraga bertaraf nasional tersebut. “Kita sudah siap dari jauh-jauh hari. Kapan pun pelaksanaan PON XVII itu tidak jadi masalah. Kota Tarakan yang ditunjuk sebagai tuan rumah tempat penyelenggaraan, sarana dan prasarana, serta seluruh masyarakatnya siap menyambut,” kata dr H Jusuf SK Walikota Tarakan, kepada Berita Indonesia, Rabu, dua pekan lalu.

Kesiapan Kota Tarakan untuk dijadikan sebagai tuan rumah tentu bukan hanya tempat bertanding, tapi termasuk akomodasi, seperti penginapan, transportasi dan lain sebagainya. “Kita tidak permasalahkan soal penginapan karena di Tarakan banyak penginapan, hotel bahkan hotel berbintang pun ada. Demikian pula dengan transportasi, baik darat, laut dan udara semua mendukung,” kata Jusuf SK yang juga Ketua Umum KONI Tarakan dan Ketua Umum Sub PB PON XVII 2008 Tarakan.

Grand Tarakan Mall: Salah satu tempat pertandingan yang sudah dipersiapkanPendapat serupa, diakui oleh Drs Ibrahim, MAP Ketua Pelaksana Harian PON XVII 2008 Kaltim Kota Tarakan. Menurut Ibrahim, yang juga Sekretaris Daerah Kota Tarakan ini, penyelenggaraan PON akan diadakan di tujuh kota di Kaltim. Kota Samarinda akan mempertandingkan 21 cabang olahraga, sekaligus sebagai pusat kegiatan PON XVII 2008. Sementara di Kota Balikpapan akan dipertandingkan 8 cabang, Kota Tenggarong (Kukar) 7 cabang, Bontang 5 cabang, Kutai Timur 5 cabang, Tanjung Redeb, Kabupaten Berau 3 cabang, dan Kota Tarakan 3 cabang. “Tarakan hanya kebagian tiga cabang olahraga, biliar, catur, dan bridges,” kata Ibrahim.

Barangkali, dengan pengalaman menyelenggarakan berbagai event olahraga bertaraf internasional seperti catur, womens circuit (tenis lapangan, Red) kempo dan karate membuat Walikota Tarakan, Dr H Jusuf SK begitu percaya diri mengatakan, kapan pun pelaksanaan PON, Tarakan siap menyambut sebagai tuan rumah. “Rasanya, beliau (Jusuf SK, Red) tidak terlalu berlebihan mengatakan hal itu, melihat sarana dan prasarana yang telah tersedia,” kata Ibrahim.

Sementara, Ketua Harian KONI Tarakan, H Gazali yang dijumpai Berita Indonesia di GOR Datu Adil Kota Tarakan mengatakan, Tarakan tidak mengirimkan atletnya. Tapi, dengan penyelenggaraan PON di Kaltim, dan secara khusus lagi di Tarakan, mantan anggota DPRD Tarakan ini berharap, generasi muda bisa terpacu dan termotivasi untuk mengambil bagian dalam PON berikutnya.

Ditanya soal persiapan keperluan dan peralatan atlet, Gazali mengatakan semua disediakan Panitia Besar (PB) PON XVII 2008 Kaltim. Tarakan hanya menyediakan tempat pertandingan untuk ketiga cabang olahraga. Pertandingan catur akan ditempatkan di Grand Tarakan Mall (GTM) Simpang Tiga Tarakan. Sedangkan pertandingan biliar akan ditempatkan di Stadion Indoor Telaga Keramat, Pamusian. Sementara pertandingan bridge akan dilangsungkan di Stadion Indoor Senyiur, Kampung Baru Tarakan. “Sebagai tuan rumah, saya berharap penyelenggaraan ketiga cabang olahraga ini, mendapat dukungan semua lapisan masyarakat Tarakan,” pintanya. ASM, SLP, MLP (Berita Indonesia 42)


Related Articles:

Beri Komentar


Kode keamanan Refresh

Biografi Bismar Siregar di TokohIndonesia.com
Biografi Haryono Suyono di TokohIndonesia.com
Biografi Kak Seto di TokohIndonesia.com
Biografi Jusuf Kalla di TokohIndonesia.com
Biografi Hatta Rajasa di TokohIndonesia.com