Majalah Berita Indonesia

Saturday, Apr 29th

Last update01:43:53 AM GMT

You are here Berita Daerah Undangan Sepi, Bupati Kecewa
Jual Buku Al-Zaytun Sumber Inspirasi
Kuis Tokoh Indonesia - TokohIndonesia.com

Undangan Sepi, Bupati Kecewa

E-mail Print PDF
Article Index
Undangan Sepi, Bupati Kecewa
Libur Idul Fitri, Tenggarong Menarik Wisatawan
All Pages

Bupati Nunukan bertekad mendukung gerakan pembayaran zakat, infaq, dan shodaqoh melalui Bazda. Ternyata tidak mendapat respon dari anggota DPRD, pejabat pemerintah, dan pengusaha.

H Abd Hafid AchmadSabda raja adalah titah raja. Namun kalimat keramat seperti itu di era Otonomi Daerah sekarang rupanya tidak berlaku lagi, termasuk bagi para pejabat pemerintahan. Ini dialami Haji Abd Hafid Achmad, Bupati Nunukan, Kalimantan Timur. Undangan orang “nomor satu” di daerah yang berbatasan langsung dengan Sabah, Malaysia Timur ini tidak mendapat respon yang baik.

Dari 72 pengusaha yang diundang, hanya dua pengusaha yang hadir. Satu dari perwakilan Penyalur Jasa Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI) dan seorang lagi pemilik rumah makan. Ironisnya, terdapat 32 perusahaan kontraktor pemenang tender tak satu pun yang kelihatan. Dari 82 penjabat pemerintahan yang diundang, yang hadir hanya 6 orang. Begitu juga halnya undangan untuk 25 anggota DPRD Kabupaten Nunukan, yang nampak hadir pada acara yang digelar di lantai lima Kantor Bupati Nunukan, hanya Sekretaris Dewan H Datu Balam, S.Sos.

Melihat kenyataan ini, Bupati saat menyampaikan sambutannya langsung menumpahkan kekecewaannya kepada para pejabat dan Kepala Dinas instansi pemerintah yang tidak merespon undangannya. “Bazda (Badan Amal Zakat Daerah, Red) sudah cukup melakukan sosialisasi. Namun, realita yang saya lihat, masih sangat jauh dari harapan. Untuk diajak berbuat kebajikan saja sulit,” kata H Abd Hafid seperti dikutip Radar Tarakan, Selasa (2/10) lalu.

Kepada para pengusaha yang ada di Kabupaten Nunukan, Abd Hafid menegaskan agar jangan hanya mau mengambil untungnya saja. “Para pengusaha jangan hanya mau mengambil untung di daerah ini, tapi berbagi dengan orang yang perlu mendapat santunan tidak mau,” katanya dengan nada kecewa pada acara yang didominasi para penerima dana santunan Bazda Nunukan ini.

Namun, Tri Marjoko yang hadir mewakili Himpunan Pengusaha Pengerah Tenaga Kerja Indonesia (HP2TKI) Nunukan, menganggap sikap Bupati Abd Hafid Achmad itu tidak tepat. Dari 40 perusahaan PJTKI Nunukan yang diundang Bazda, kata Tri Marjoko, sudah dipercayakan kepada dirinya untuk menghadiri acara tersebut. “Saya yang nantinya mensosialisasikan kepada rekan-rekan sesama pengusaha PJTKI. Pengeluaran dana zakat, infaq, maupun sadaqoh dari pengusaha PJTKI akan disalurkan terkoordinasi melalui HP2TKI. Selanjutnya, kami akan serahkan kepada Bazda Kabupaten Nunukan,” ujarnya memberi penjelasan kepada wartawan.

Selain itu, beberapa pejabat di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Nunukan menolak jika dikatakan tidak merespon undangan itu. Sebab, kata pejabat pemerintahan yang enggan disebut nama dan dinasnya ini, undangan itu tujuannya hanya untuk mensosialisasikan pembayaran zakat, infaq, dan sadaqoh melalui Bazda Kabupaten Nunukan. “Badan yang menangani, kan sudah ada – serahkan saja kepada badan tersebut,” katanya kepada wartawan Berita Indonesia.

Apa yang dikemukakan Tri Marjoko, memang bukan omong kosong. Ini dapat dibuktikan lewat Ketua HP2TKI Nunukan, H Arsyad Kopong yang didampingi Sekretarisnya Laode Syamsudding berhasil mengumpulkan Zakat, Infaq, dan Sadaqoh (ZIS) sebesar Rp 3,6 juta yang diserahkan langsung kepada Bazda Kabupaten Nunukan.

Ketua Bazda Kabupaten Nunukan, H Sanusi Seman, SH M.Hum dalam pernyataannya menyebutkan, pembayaran zakat (maal) oleh pejabat dan pengusaha se-Kabupaten Nunukan tahun ini berhasil mengumpulkan ZIS sebesar Rp 82.762.200,- “Kita sudah salurkan kepada 43 orang petugas pembersih masjid se Kabupaten Nunukan, beasiswa kepada 22 orang siswa MI/SD yang kurang mampu, pembinaan moral muallaf di Kecamatan Lumbis, dan pemberian bantuan dan dana bergulir untuk 10 orang,” jelas Sanusi Seman. SLP, SP (BI 49)



Beri Komentar


Kode keamanan Refresh

Biografi Bismar Siregar di TokohIndonesia.com
Biografi Haryono Suyono di TokohIndonesia.com
Biografi Kak Seto di TokohIndonesia.com
Biografi Jusuf Kalla di TokohIndonesia.com
Biografi Hatta Rajasa di TokohIndonesia.com