Majalah Berita Indonesia

Saturday, Apr 29th

Last update01:43:53 AM GMT

You are here Berita Buku Belajar Sejarah Lewat Komik
Jual Buku Al-Zaytun Sumber Inspirasi
Kuis Tokoh Indonesia - TokohIndonesia.com

Belajar Sejarah Lewat Komik

E-mail Print PDF

Kartun Riwayat Peradaban - Komik Karya Larry GonickBagi Anda yang tidak suka atau sulit memahami informasi tentang sejarah, komik karya Larry Gonick mungkin bisa merubah pikiran Anda.

Dunia perkomikan diperkaya dengan buku-buku komik baru. Salah satunya dengan terbitnya trilogi Kartun Riwayat Peradaban. Komik yang berjudul asli "The Cartoon History of the Universe" ini cukup unik. Tokoh narator yang mengantarkan cerita-cerita didalamnya digambarkan dengan ciri-ciri bermuka bulat dengan mata yang besar lagi bulat, hidung besar, kumis tebal, dan rambut acak-acakan setengah botak. Layaknya penampilan seorang ilmuwan. Mungkin karakter itu adalah potret dari sang pengarang, Larry Gonick yang merupakan lulusan Harvard College jurusan Matematika dengan predikat Summa Cum Laude.

Latar belakang pendidikan ini jualah yang membuat penulisan kartun ini cukup ‘berat’, serius dan kritis. Data-data sejarah dicantumkan secara benar. Demikian juga para tokoh didalamnya adalah tokoh sebenarnya. Tidak ada karakter yang menyusup menjadi tokoh jadi-jadian. Hanya saja setiap tokoh digambar dalam bentuk karakter kartun yang lucu. Gonick juga menambahkan komentar-komentar nakal pada tiap tokoh sehingga mereka tampak sedikit konyol.

Dalam buku kartun riwayat peradaban jilid I, ”Dari Ledakan Besar Hingga Alexander Agung” Gonick yang menggambar sejak tahun 1972 ini menceritakan sejarah lahirnya jagat raya sampai serbuan Alexander Agung ke India. Buku yang terdiri dari 362 halaman ini terbit pertama kali tahun 1990. Ini merupakan buku pertama Gonick. Terdiri dari tujuh bab, Gonick memampatkan kira-kira 15 miliar tahun perjalanan sejarah ke dalam Seri Kartun Riwayat Peradaban dengan kemahiran memadukan unsur pendidikan dan hiburan.

Komik ini dimulai dari terjadinya ‘Ledakan Besar’. Berlanjut ke munculnya organisme pertama di laut yang terus berkembang hingga munculnya dinosaurus. Di bagian tengah buku ini digambarkan proses evolusi kera menjadi manusia purba. Bagi Anda yang anti teori evolusi Darwin, mungkin cuma bisa menggeleng-gelengkan kepala saat membacanya.

Larry GonickSedangkan dalam Jilid II “Dari Berseminya Cina Hingga Rontoknya Romawi”, Gonick yang terbit pertama tahun 1994, melukiskan bagaimana peradaban di India dan Tiongkok muncul dan berkembang. Dipaparkan juga bagaimana agama Hindu, Buddha, dan Kristen muncul. Dalam buku ini pula Gonick memperlihatkan bagaimana bangkit dan runtuhnya Kekaisaran Roma.

Kisah sejarah kemudian berlanjut ke Kartun Riwayat Peradaban Jilid III, “Dari Bangkitnya Arab Hingga Renaissance di Eropa”, pertama kali terbit tahun 2002. Saat membahas tentang Arab, Gonick dengan bijak menghormati keyakinan orang lain. Dalam bab yang menceritakan tentang Arab dan kehidupan Nabi Muhammad, dia beri judul “Jangan Digambar Ya!”. Meskipun ia sempat berkomentar, “Tak ada gambar orangnya - Komik macam apa tuh?

Ketiga buku komik ini telah tersedia dalam bahasa Indonesia. Jadi bagi Anda yang ingin mengetahui sejarah dengan bacaan yang segar, ketiga buku karya Larry Gonick ini patut dibaca dan dikoleksi. Cara penulisan, gambar-gambar yang menarik serta komentar-komentar nakal membuat kita tidak bosan.

Walaupun buku ini tebal dan tidak berwarna, dijamin Anda melahapnya habis. Satu hal yang patut dicermati, meskipun buku ini jenis komik, tapi bukan bacaan anak-anak. Hal ini disebabkan karena banyak memuat gambar-gambar kekerasan yang sadis. Seperti pembunuhan, hukuman mati, perang, bahkan tentang skandal seks yang terjadi hampir di tiap peradaban.

Meminjam pernyataan Lynn Johnson, kartunis For Better or For Worse, yang mengatakan didukung telaah sumber yang baik dan ilustrasi yang jenaka, cerita bergambar karya Larry Gonick membuat otak yang ‘tumpul’ pun mampu menyerap dan menyimpan informasi yang sesungguhnya. Selamat membaca. RIE (Berita Indonesia 56)


Related Articles:

Beri Komentar


Kode keamanan Refresh

Biografi Bismar Siregar di TokohIndonesia.com
Biografi Haryono Suyono di TokohIndonesia.com
Biografi Kak Seto di TokohIndonesia.com
Biografi Jusuf Kalla di TokohIndonesia.com
Biografi Hatta Rajasa di TokohIndonesia.com