Majalah Berita Indonesia

Thursday, Apr 27th

Last update01:43:53 AM GMT

You are here Berita Buku Bakat Bukan Penentu
Jual Buku Al-Zaytun Sumber Inspirasi
Kuis Tokoh Indonesia - TokohIndonesia.com

Bakat Bukan Penentu

E-mail Print PDF

Buku ini menjelaskan prinsip dasar kepemimpinan untuk memaksimalkan potensi yang terletak pada otakBuku ini akan mengubah persepsi anda tentang bakat sekaligus mematahkan mitos yang menyatakan bahwa kapasitas dan batasan seseorang sudah ada sejak lahir.

Rusia dikenal sebagai negara yang banyak menghasilkan petenis wanita berbakat yang menduduki peringkat dua puluh teratas bahkan melampaui negara adidaya, Amerika Serikat. Siapa pula yang menyangka ada tiga penulis kaliber dunia asal Inggris yang lahir dari sebuah keluarga miskin, hampir tidak berpendidikan dan tinggal di desa terpencil. Pusat bakat-bakat luar biasa tersebut merupakan tempat yang misterius, demikian penuturan Daniel Coyle seperti yang terangkum dalam bukunya Rahasia Bakat (The Talent Code).

Selanjutnya dipaparkan Coyle, liputan media cenderung memperlakukan setiap tempat munculnya bakat tersebut sebagai suatu fenomena tunggal. Padahal, sebenarnya semua tempat tersebut merupakan bagian dari sebuah susunan yang lebih besar dan lebih tua.

Daniel Coyle adalah seorang penulis yang bekerja sebagai redaktur majalah Outside. Rahasia Bakat merupakan karya nonfiksi ketiganya. Sebelumnya Coyle telah menulis buku berjudul Lance Armstrong’s War dan Hardball: A Season in the Projects, serta sebuah novel dengan judul Waking Samuel.

Dalam buku setebal 268 halaman ini, penulis berusaha mengungkap apa yang dimaksudnya dengan rahasia bakat. Coyle juga menyampaikan bahwa kehebatan seseorang atau yang biasa diistilahkan bakat, sesungguhnya tidak dilahirkan melainkan ditumbuhkan. Bagaimana caranya? Semuanya dikupas secara mendalam dalam buku terbitan Esensi ini.

Buku yang diterjemahkan Dedes Ekarini ini terbagi menjadi tiga bagian, yakni Latihan Mendalam, Pengapian, dan Pelatihan oleh Ahli. Ketiganya berhubungan dengan tiga unsur dasar rahasia bakat yakni tekun berlatih, memelihara minat, dan menguasai pelatihan.

Bagian pertama, Latihan Mendalam, terdiri dari empat bab yang intinya mendorong para pembacanya agar terus berlatih guna mengembangkan potensi. Disebutkan pula, ada tiga hal yang perlu diperhatikan dalam proses penggalian potensi tersebut, yakni memecah-mecah, mengulanginya, dan belajar untuk merasakannya.

Selanjutnya di bagian kedua, Pengapian, yang terbagi menjadi tiga bab membahas tentang bagaimana caranya mengenali potensi diri. Bagian terakhir buku ini, Pelatihan oleh Ahli, Coyle menyuguhkan berbagai kisah dari sejumlah pengembang bakat, salah satunya Tom Martinez seorang pelatih sepakbola dengan ceritanya seputar uang taruhan sebesar 60 juta dollar.

Buku ini didasarkan pada penemuan-penemuan ilmiah revolusioner yang menyertakan sebuah syaraf insulator yang disebut myelin, yang pada zaman sekarang ini disebut sebagai cawan suci keterampilan belajar oleh beberapa ahli syaraf. Kabar baiknya, myelin tidak ditentukan dari awal kelahiran, sebaliknya syaraf tersebut berkembang seiring berjalannya usia, sebagaimana segala sesuatu yang sifatnya hidup, myelin juga dapat dipelihara dan diperkuat.

Untuk mendukung penulisan bukunya, selama dua tahun penulis menyambangi sejumlah tokoh dari berbagai bidang keahlian mulai dari olahraga, seni, bisnis dan musik yang tersebar di seluruh dunia. Tujuannya adalah untuk mencari tahu bagaimana mereka menghasilkan kehebatan yang luar biasa. Dari penelitiannya, Coyle menemukan bahwa mereka banyak berlatih dan berkat semua latihan tersebut pertumbuhan myelin pun ikut meningkat.

Dari fakta itu, pria yang pernah dua kali masuk dalam nominasi National Magazine Award ini meramu hasil observasi dari riset tentang otak, perilaku, dan pelatihan nyata menjadi sebuah karya yang amat menginspirasi. Selain itu, si penulis juga mencantumkan banyak aplikasi praktis bagi kehidupan sehari-hari.

Dalam buku ini, ia menjelaskan kepada para pembacanya bagaimana kita bisa menerapkan beberapa prinsip dasar kepemimpinan untuk memaksimalkan potensi. Rahasianya terletak pada otak. Dicontohkan dalam bab pendahuluan buku ini, bagaimana seorang gadis cilik bernama samaran Clarissa yang awalnya dianggap tidak berbakat dalam bidang musik oleh guru, orangtua, bahkan dirinya sendiri.

Pendengarannya tidak terlalu baik, kepekaannya terhadap irama pun terbilang biasa-biasa saja, motivasinya pun di bawah standar. Namun dalam waktu kurang dari enam menit, ia mempercepat kecepatan belajarnya sepuluh kali lebih cepat. Ia mampu memainkan nada demi nada menjadi melodi yang indah. Hal yang lebih mengagumkan adalah Clarissa sendiri bahkan tidak menyadarinya. Semua tak lain berkat ketekunan dan kerja kerasnya dalam mengoptimalkan fungsi otak.

Dari kasus Clarissa, Coyle kemudian mencoba memberikan pemahaman kepada para orangtua, pelatih, dan pengusaha, atau siapa pun, mengenai bagaimana mereka dapat memaksimalkan potensi dalam diri seseorang. Bahwa bakat tidak datang dengan sendirinya melainkan harus dikembangkan terlebih dahulu, caranya adalah dengan menemukan cara baru berdasarkan bagaimana otak kita bekerja. Rahasianya datang dari aspek pembelajaran psikologi, atau apa yang sesungguhnya terjadi pada susunan otak selama kita menggali potensi diri dengan banyak latihan.

Di lembar ke 247 yang diberi judul Epilog: Dunia Myelin, penulis menunjukkan secara singkat bagaimana rahasia bakat digunakan di wilayah kehidupan lainnya, khususnya dalam cara mendidik anak, bekerja, tumbuh dewasa, dan menjadi orang tua, bahkan dalam menguasai keterampilan-keterampilan sosial. Dengan demikian, buku ini juga menguatkan gagasan bahwa semua manusia memiliki potensi yang luar biasa untuk bekerja dan berkarya asalkan tekun berlatih. MULI (Berita Indonesia 83)


Related Articles:

Beri Komentar


Kode keamanan Refresh

Biografi Bismar Siregar di TokohIndonesia.com
Biografi Haryono Suyono di TokohIndonesia.com
Biografi Kak Seto di TokohIndonesia.com
Biografi Jusuf Kalla di TokohIndonesia.com
Biografi Hatta Rajasa di TokohIndonesia.com