Majalah Berita Indonesia

Saturday, Jul 02nd

Last update01:43:53 AM GMT

You are here Berita Buku 'Bob Marley' Pulang Kandang
Jual Buku Al-Zaytun Sumber Inspirasi
Kuis Tokoh Indonesia - TokohIndonesia.com

'Bob Marley' Pulang Kandang

E-mail Print PDF

Bob Marley dan 11 Cerita pilihan, berisikan 12 cerpen dari 12 penulis dan 7 media penerbitan (koran) yang berbedaDari dunia cetak, lalu menuju dunia digital, kemudian kembali ke dunia cetak.

 

Koran edisi Minggu jadi koran wajib baca bagi penikmat cerita pendek (cerpen), karena hanya di terbitan hari Minggu saja koran menyediakan ruang untuk pemuatan cerpen. Banyaknya jumlah koran yang terbit di Indonesia, kemudian menjadi batu sandungan bagi para penikmat cerpen sebab tidak gampang untuk berburu seluruh koran Minggu yang ada.

Seperti menjawab kebingungan para penikmat cerpen, pada tahun 2000, beberapa orang yang merasa gagal menjadi cerpenis lalu mendirikan situs sriti.com, sebuah website yang berisikan cerpen-cerpen yang sudah pernah dimuat di beberapa koran di Indonesia. Lahirnya website ini berawal dari kegiatan mereka yang suka mengkliping cerpen dari koran pada medio 90-an. Tanpa disadari, guntingan kliping mereka yang sudah menggunung itu telah menguning dan merapuh dimakan usia. Para pendiri sriti.com lalu mulai mengetik ulang klipingan cerpen mereka untuk ‘mengawetkannya’ ke dalam bentuk digital, dan pada Agustus 2000, akhirnya mereka resmi mengorbitkan situs sriti.com.

Setelah sembilan tahun ‘menjaga keawetan’ cerpen-cerpen tersebut dalam dunia maya - 3379 kumpulan cerpen dari 934 cerpenis dan 53 media penerbitan - sriti.com meluncurkan buku Bob Marley dan 11 Cerita Pilihan Sriti.Com 0809, berisikan 12 cerpen dari 12 penulis dan 7 media penerbitan (koran) yang berbeda, yang telah disaring dari website mereka. Cerpen-cerpen dalam buku ini merupakan koleksi dari tahun 2008 sampai 2009 saja, itu pun awalnya terdapat lebih dari 600 cerpen yang mesti mereka seleksi lagi.

Cerpen Kematian Bob Marley karya Hasan Al Banna yang diangkat menjadi cerita utama juga judul buku ini, menceritakan tentang kematian tokoh egoletter yang diberi nama Bob Marley. Dalam cerpen yang pertama kali diterbitkan di Koran Tempo ini, yang dikisahkan bukanlah Bob Marley penyanyi reggae legendaris asal Jamaika itu, melainkan seorang preman kampung yang dijuluki Bob Marley oleh para warga kampung tersebut.

Buku kumpulan cerpen terbitan Gramedia Pustaka Utama ini, tak hanya membawa para pembaca ke ‘arus liar’ imajinasi para cerpenisnya, tetapi juga menyajikan kepada pembaca hasil eksplorasi sriti.com terhadap cerpen dari koran daerah yang memiliki ‘daya tarik’ berimbang dengan cerpen-cerpen terbitan koran nasional. Lewat buku ini, pembaca bisa menikmati cerpen Cinta pada Sebuah Pagi karya Eep Saefullah Fatah, Guru Safedi karya Farizal Sikumbang, dan Malam Kunang-kunang karya Rama Dira J, yang ketiganya pernah dimuat di harian Kompas.

Ada juga tiga cerpen yang sebelumnya diterbitkan di Koran Tempo yakni Kematian Bob Marley karya Hasan Al Banna, Satu Kunang-kunang, Seribu Tikus karya Intan Paramaditha dan Aku Bercerita dari Pesawat yang Sedang Terbang, karya Bamby Cahyadi. Melalui buku ini pembaca juga bisa menikmati beberapa cerpen dari koran-koran daerah, seperti cerpen Induak Tubo karya Zelfeni Wimra (Padang Ekspres), Kandang karya Yanusa Nugroho (Jawa Pos), Malam Basilisk karya Dinar Rahayu dan Tanah Lalu karya Yetti A.KA (Suara Merdeka), Kunti Tak Berhenti Berlari karya Berto Tukan (Batam Pos), dan cerpen Batubujang karya Benny Arnas (Singgalang Padang).

Meskipun media cetak seperti koran, majalah atau buku merupakan media publikasi efektif dan masih tak tergantikan secara signifikan selama ini, tapi setidaknya dengan dibopongnya cerpen-cerpen ini ke dunia maya oleh sriti.com tentu sangat memudahkan peminat sastra untuk mengakses karya-karya para cerpenis. Sedangkan bagi sang kreator (cerpenis), tentu ‘publikasi digital’ yang dilakukan sriti.com ini cukup membantu mengkilapkan citranya.

Buku seputar Piala Dunia 2010, memperluas wawasanSeperti yang sudah dijelaskan di atas, cerpen-cerpen dalam buku ini berasal dari bentuk cetak (koran) yang kemudian di-upload ke dunia maya melalui website sriti.com, kini cerpen-cerpen tersebut oleh punggawa sriti.com dikembalikan ke bentuk cetak lagi, ke pelabuhan impian bagi para penulisnya, dalam sebuah buku antologi Bob Marley dan 11 Cerita Pilihan Sriti.Com 0809, yang telah beredar di pasar sejak akhir Desember 2009 lalu. Arif (Berita Indonesia 77)


Semarak Buku Tentang Piala Dunia
Bila Anda perhatikan rak buku baru di toko-toko buku belakangan ini, Anda pasti mendapatkan beberapa buku yang bertemakan Piala Dunia. Para penerbit buku rupanya memanfaatkan momentum Piala Dunia 2010 untuk menambah koleksi penerbitannya. Buku-buku yang kita jumpai itu sarat dengan tampilan visual yang menghibur sekaligus menambah wawasan pembacanya. Beberapa buku itu diantaranya ‘Sepak Bola Dunia 2010’ terbitan Carlton Books Ltd., Inggris yang sudah diterjemahkan ; ‘2010 FIFA World Cup South Africa’ oleh Keir Radnedge ; ‘100 + Fakta Unik Piala Dunia karya dua wartawan olahraga Asep Ginanjar dan Agung Harsya ; dan ‘Segalanya Tentang SepakBola’ karya Hendri Firzani.


Related Articles:

Beri Komentar


Kode keamanan Refresh

Biografi Bismar Siregar di TokohIndonesia.com
Biografi Haryono Suyono di TokohIndonesia.com
Biografi Kak Seto di TokohIndonesia.com
Biografi Jusuf Kalla di TokohIndonesia.com
Biografi Hatta Rajasa di TokohIndonesia.com