Majalah Berita Indonesia

Sunday, May 28th

Last update01:43:53 AM GMT

You are here Berita Budaya Hidangan Raja Boleh Dicoba
Jual Buku Al-Zaytun Sumber Inspirasi
Kuis Tokoh Indonesia - TokohIndonesia.com

Hidangan Raja Boleh Dicoba

E-mail Print PDF

Berawal dari balai latihan memanah prajurit keraton, kini tempat melestarikan masakan khas bangsawan keraton.

Berawal dari balai latihan memanah prajurit keraton, kini tempat melestarikan masakan khas bangsawan keratonBerbagai cara bisa dilakukan untuk melestarikan budaya. Entah itu seni musik, tari, bahkan kuliner atau masakan. Seni kuliner menjadi perhatian Keraton Yogya, karena begitu uniknya masakan-masakan Keraton Yogya yang menjadi kegemaran raja-raja mereka sejak tempo dulu. Sungguh sayang jika tidak dilestarikan.

Mengingat nilai budaya dan sejarah Keraton Yogya, termasuk seni kulinernya yang kaya dengan keunikan, maka terbit ide Gusti Kanjeng Ratu Hemas dan KGPH Hadiwinoto, isteri dan kakak Sultan Hamengku Buwono X untuk mendirikan sebuah restoran di lingkungan keraton, yang khusus menyajikan makanan para raja Yogya.
Tabloid Kontan No 47, 28 Agustus 2006, menerbitkan laporan mengenai restoran keraton yang diberi nama Bale Raos ini. Bale Raos yang berarti ’tempat rasa’, didirikan untuk melestarikan masakan keraton. Sekaligus mengenalkan kepada masyarakat, bahwa masakan Yogya itu bukan hanya gudeg.

Masakan kegemaran setiap raja ternyata berbeda. Di restoran yang berbentuk joglo dan dihidupkan oleh suara gending Jawa yang mengalun merdu tersebut, pengunjungnya bisa menikmati berbagai masakan dan minuman yang namanya aneh-aneh namun ternyata sangat enak.

Sri Sultan HB IX menyukai bebek suwar-suwir, yakni irisan daging bebek yang diguyur saus kedondong yang kental. Ada pula singgang ayam, yakni sate ayam yang dimakan dengan irisan lontong tebal lalu diguyur saus ala Padang.

Ada juga roti jok, kesukaan Sri Sultan HB VII dan HB IX. Penganan ini sejenis apem yang dimakan dengan semur ayam. Masih ada tapak kucing dan manuk nom, kesukaan Sri Sultan HB VII dan HB VIII. Tak sesuai dengan namanya, tapak kucing adalah makanan berbahan baku pisang. Sementara manuk non yang artinya burung muda adalah puding tape yang legit.

Awalnya, bangunan joglo yang dipakai sebagai restoran merupakan bekas genthan yang biasa dipakai sebagai tempat latihan memanah prajurit keraton. Konon, genthan terhubung melalui jalan bawah tanah sampai ke Taman Sari, pemandian puteri-puteri keraton.Saat ini Bale Raos menjadi bagian dari wisata keraton selain Alun-alun, Taman Sari dan Beteng Keraton. RH (Berita Indonesia 21)


Persembahan Untuk Yogya
Yogya masih berkesenian, meski bencana gempa bumi, 27 Mei lalu memporakporandakan setiap keping perikehidupannya yang tenteram. Sejumlah penyair Tanah Air dan berbagai pentas kesenian digelar untuk memperingati ulang tahun ke-250 kota ini. Di pelataran Monumen Serangan Umum 1 Maret Yogyakarta, (19/8), digelar Parade Puisi Putra Bangsa. Tampak sejumlah penyair kawakan seperti Landung Simatupang, WS Rendra, MH Ainun Nadjib, membawakan puisi mereka, bersama beberapa seniman Yogya.

Kompas,22 Agustus 2006, yang meliput peringatan HUT Yogya ke-250 ini juga menulis rangkaian perayaan yang dimeriahkan para mahasiswa dari luar daerah yang menuntut ilmu di Yogya dalam Gebyar Budaya Nusantara 2006. Ada 25 provinsi yang menampilkan kesenian daerah asal mereka, di sebuah panggung di halaman Balaikota Yogyakarta.

Menurut Ketua Panitia HUT ke-250 Yogyakarta, Indro Suseno, tampilnya penyair Tanah Air dan gebyar kesenian adalah satu bentuk perenungan bersama atas bencana gempa bumi 27 Mei. Perbaikan bukan hanya membangun secara fisik reruntuhan akibat gempa. Tapi juga perlu membangun batin untuk mewujudkan semangat berbenah dan memperbaiki langkah diri.

Rendra memiliki pendapatnya sendiri. Menurutnya, puisi dapat merangsang daya hidup yang dibutuhkan untuk membangun kembali kota yang porak poranda akibat gempa itu. Menurutnya, Yogya harus segera bangkit dengan kebebasan berkreasi dan lebih berkembang dari sebelumnya. RH (Berita Indonesia 21)


Related Articles:

Beri Komentar


Kode keamanan Refresh

Biografi Bismar Siregar di TokohIndonesia.com
Biografi Haryono Suyono di TokohIndonesia.com
Biografi Kak Seto di TokohIndonesia.com
Biografi Jusuf Kalla di TokohIndonesia.com
Biografi Hatta Rajasa di TokohIndonesia.com