Majalah Berita Indonesia

Saturday, Apr 29th

Last update01:43:53 AM GMT

You are here Berita Tokoh
Jual Buku Al-Zaytun Sumber Inspirasi
Kuis Tokoh Indonesia - TokohIndonesia.com

Tokoh

Suryadharma Ali, Akui Teken Kontrak Koalisi Baru

E-mail Print PDF

Suryadharma AliKetua Umum Partai Persatuan Pemba ngunan (PPP) yang juga Menteri Agama, Suryadharma Ali mengakui kalau pihaknya telah meneken kontrak baru Sekretariat Gabungan (Setgab) koalisi sejak 7 April 2011. Ia menjelaskan kontrak baru koalisi ini telah diatur mengenai punishment atau hukuman apabila ada pelanggaran di Setgab.

George Toisutta: Maju Terus Pantang Mundur

E-mail Print PDF

George ToisuttaKepala Staf Angkatan Darat Jenderal (TNI) George Toisutta menyatakan tetap siap dicalonkan untuk menjadi ketua umum PSSI.

Albertina Ho: Hakim Tegas Tapi Santun

E-mail Print PDF

Albertina HoTenang tapi tegas, itulah gambaran sosok Albertina Ho, SH tiap kali menangani suatu perkara. Hakim di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan ini beberapa kali dipercaya menangani kasus yang menjadi sorotan publik seperti kasus mafia pajak Gayus Tambunan, kasus pembunuhan Nasrudin Zulkarnaen, serta hakim dalam kasus korupsi sisminbakum yang menyeret nama mantan Dirjen AHU, Kemenkumham, Romli Atmasasmita.

Komjend Timur Pradopo: Prioritaskan Kasus Besar

E-mail Print PDF

Komjend Timur PradopoSetelah resmi dilantik Presiden SBY di Istana, 22 Oktober 2010, Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Komjend Timur Pradopo, memerintahkan seluruh Kepala Kepolisian Daerah menuntaskan kasus-kasus menonjol dalam 100 hari pertama masa kerjanya.

M. Jusuf Kalla: Tokoh ‘Perdamaian’

E-mail Print PDF

M. Jusuf KallaMantan Wakil Presiden M. Jusuf Kalla semakin menunjukkan dirinya sebagai tokoh perdamaian. Ia juga berhasil ‘mendamaikan’ hubungan koleganya di Partai Golkar seperti Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie (Ical) dan Ketua Organisasi Massa Nasional Demokrat Surya Paloh yang sebelumnya sempat renggang.

Zulkifli Zaini Dirut Bank Mandiri

E-mail Print PDF

Zulkifli ZainiRapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Bank Mandiri (5/7/2010), memutuskan Zulkifli Zaini sebagai Direktur Utama Bank Mandiri yang baru, menggantikan Agus Martowardojo yang dilantik menjadi Menteri Keuangan sejak 20 Mei 2010. Sebelum menduduki orang nomor satu di bank pelat merah tersebut, Zulkifli menjabat sebagai Direktur Teknologi dan Operasi di bank yang sama.

Yang Mereka Jagokan

E-mail Print PDF

Susno DuadjiPiala Dunia 2010 di Afrika Selatan menyihir jutaan penduduk dunia. Mereka seakan berlomba-lomba menjagokan tim kesayangannya. Tak terkecuali berbagai tokoh publik memberikan komentar mengenai pertandingan Piala Dunia 2010. Bagaimana dengan orang nomor satu di kepolisian? “Belanda,” ucap Kepala Polri Jenderal Bambang Hendarso Danuri di Gedung PTIK (10/6), ketika ditanya tim nasional negara mana yang dia jagokan.

Taufiq Kiemas: Pendidikan Pancasila Perlu Inovasi

E-mail Print PDF
User Rating: / 1
PoorBest 

Taufiq KiemasKetua MPR Taufiq Kiemas yang juga suami Megawati Sukarno Putri mengemukakan perlunya inovasi dalam pendidikan Pancasila sesuai dengan perkembangan zaman. Setelah sebelumnya MPR menjalin kerja sama dengan Mahkamah Konstitusi, Persatuan Guru Republik Indonesia, dan Dewan Masjid Indonesia, MPR-pun mengajak lembaga pendidikan guna membumikan lagi Pancasila dengan sejumlah inovasi.

BJ Habibie: Terima Gelar Doktor Kehormatan dari UI

E-mail Print PDF
User Rating: / 1
PoorBest 

Prof. Dr. Ing. BJ Habibie Prof. Dr. Ing. BJ Habibie tak pernah berhenti menjadi berita. Setelah menyandang sederet gelar, kini ia dianugerahi gelar doktor kehormatan dari Universitas Indonesia akhir Januari lalu. Mantan Presiden RI ketiga ini dianggap berperan dalam memajukan teknologi Indonesia. Rektor UI, Gumilar Rusliwa Somantri yang menyerahkan penghargaan itu secara langsung menyebutkan bahwa Habibie bukan sekadar teknolog, melainkan seorang pemikir atau bahkan filsuf teknologi Indonesia yang telah mengikutsertakan berbagai pertimbangan filosofis penting dalam merefleksikan peranan teknologi dan peranan manusia sebagai pengendali dalam konteks budaya. Pria bernama lengkap Bacharuddin Jusuf Habibie ini adalah sosok ilmuwan atau teknokrat kreatif dan inovatif. Di samping itu, pidato dan ceramah-ceramah ilmiah Habibie juga sangat menaruh minat besar terhadap aspek kemasyarakatan dan aspek etis dari teknologi.


Prof. Dr. BoedionoBoediono: Ternyata Romantis
Selama ini Wakil Presiden Boediono dikenal sebagai sosok yang kalem dan serius. Rupanya ada sisi lain dari Boediono yang bisa membuat iri kaum ibu yang suaminya kaku. Demi memberi kejutan kecil untuk merayakan ulang tahun isterinya, Boediono rela meninggalkan kesibukannya. Setelah mengikuti rapat dengan Dirut Pertamina Karen Agustiawan dan Ketua UKP3R Kuntoro Mangkusubroto (15/2), Boediono pulang dengan alasan makan siang di rumah dinasnya di Jalan Diponegoro, Menteng. Saat itu isterinya, Ny Herawati sedang tidak ada di rumah karena sedang mengikuti acara ibu negara di kompleks istana kepresidenan. Begitu tiba di halaman rumah, mobil dan pengawalnya diperintahkan ‘bersembunyi’ di Jalan Ki Mangunsarkoro. Boediono pun meminta pada pengawal isterinya untuk tidak memberi tahu kalau dirinya pulang. Ketika sang isteri pulang dari istana dan membuka pintu rumah, dari dalam rumah Boediono keluar memberi surprise lalu mencium pipi kanan-kiri dan ucapan selamat ulang tahun kepada isterinya. Tidak lama kemudian, tepuk tangan membahana dan lagu selamat ulang tahun dinyanyikan oleh ibu-ibu pejabat Sekretariat Wapres yang ternyata berdatangan ketika Herawati tengah berada di Istana. Pestanya kecil-kecilan ditemani tumpeng dan kue tart. Setelah memberi ucapan selamat, ibu-ibu pejabat Setwapres segera menyingkir. Soalnya sebelum acara, Boediono sudah berpesan kalau ia ingin makan siang berdua saja dengan isterinya.


Prof Dr Jimly AsshidiqieJimly Asshidiqie: 8 Banding 16
Peraturan pemerintah pengganti undang-undang (perppu) yang dikeluarkan dalam kondisi kegentingan yang memaksa, kerap memunculkan polemik di tengah publik. Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimprcs) Jimly Asshidiqie rupanya punya pendapat menarik soal perppu ini. Menurutnya, ke depan, presiden seharusnya tak perlu terlalu sering lagi mengeluarkan aturan setingkat UU tersebut. “Saya tidak terlalu sreg, sebab perppu itu unfinished legal concept, tapi apa boleh buat konstitusi masih mengaturnya,” ujar Jimly saat rapat dengar pendapat dengan Badan Legislasi DPR, di komplek parlemen, Senayan, Jakarta (16/2). Menurut dia, belum ada perangkat hukum yang memadai hingga saat ini, terkait pengaturan mekanisme dikeluarkannya perppu. Termasuk, kejelasan pencabutan kalau temyata DPR menolaknya. Yang menarik, dia lantas membandingkan, dikeluarkannya perppu pada saat Orde Baru dan pemerintahan di bawah Presiden SBY. Selama 32 tahun memerintah, Presiden Soeharto hanya pernah mengeluarkan 8 perppu. Jauh lebih sedikit ketimbang enam tahun terakhir yang sudah mencapai 16 perppu. “Orba yang sering dibilang sangat otoriter, ternyata sangat hemat sekali soal perppu ini,” katanya.


Dirut PLN: Dahlan IskanDahlan Iskan: Numpang Ngetop
Sejumlah pimpinan BUMN seperti Jamsostek, Telkom, PLN, dan Wijaya Karya mendapat panggilan dari Pansus Hak Angket Bank Century untuk dimintai keterangan seputar dana perusahan-perusahaan negara itu yang ada di Bank Century. Dahlan Iskan yang merupakan orang nomor satu di Perusahaan Listrik Negara (PLN) turut hadir untuk memenuhi panggilan pansus tersebut (10/02). Saat mendapat giliran, dan setelah disumpah, dia pun memberikan keterangan mengenai dana PLN yang ada di Bank Century. Dengan singkat dia pun lalu menjawab, “Setahu kami, dana PLN yang ada di Bank Century jumlahnya sangat sedikit. Itu juga karena ada pelanggan PLN yang membayar tagihan listrik lewat Bank Century. Jadi, bukan direksi PLN yang berinvestasi. Makanya saya juga kaget kok dipanggil Pansus Bank Century,” katanya. Seusai memberikan keterangan tersebut, dia pun lalu memohon diizinkan untuk meninggalkan ruang Pansus untuk melanjutkan pekerjaannya. Menanggapi permintaan Dahlan Iskan tersebut, pimpinan rapat yang dipimpin Wakil Ketua Pansus, Yahya Sacawirya buru-buru minta maaf dan mempersilakan Dahlan Iskan untuk meninggalkan ruang Pansus. Dahlan pun segera menimpali, “Terima kasih Pak. Tidak perlu minta maaf. Sebab, kami juga numpang ngetop di sini,” ucap Dahlan yang disambut tawa peserta rapat. (Berita Indonesia 74)

 

Kontributor Pemikiran Islam Modern

E-mail Print PDF
User Rating: / 1
PoorBest 

Prof Dr Harun Nasution (1919-1998) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Negeri (FISIP UIN) Syarif Hidayatullah menganugerahkan penghargaan kepada tiga pemikir Islam yakni almarhum Harun Nasution, almarhum Cendekiawan Nurcholish Madjid, dan Fachry Ali yang dinilai telah menjadi peletak dasar dan memberikan kontribusi pemikiran Islam modern dalam pendekatan ilmu-ilmu sosial dan studi keagamaan, khususnya di kalangan perguruan tinggi di Indonesia.

Tiga Pahlawan Nasional Baru

E-mail Print PDF
User Rating: / 1
PoorBest 

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menganugerahkan gelar pahlawan nasional dan bintang mahaputera adipradana kepada Alm. Laksda TNI (purn) Jahja Daniel Dharma (John Lie) di Istana Negara, Jakarta. Pada kesempatan yang sama, Presiden pun menganugerahkan Gelar Pahlawan Nasional untuk Alm. Prof.Dr. Herman Johanes, dan Allm. Prof.Dr. Achmad Subardjo. Bersamaan dengan itu, ada sepuluh orang yang meraih bintang kehormatan. Mereka yang meraih Bintang Mahaputera Adipradana adalah Alm. K.H. Ahmad Sanusi, Alm. Sutan Muhammad Amin (Kroeng Raba Nasution), Alm. Sutan Muhammad Salahuddin dan Alm. Sri Susuhunan Pakubuwono X. Sementara itu, Bintang Mahaputera Nararya dianugerahkan kepada Heruri Kartiwosastro. Bintang Jasa Utama dianugerahkan kepada Alm. Gorlap Sitompul, Alm. Frans Mendur, Alm. Alex Mendur. Terakhir, Bintang Budaya Parama Dharma dianugerahkan kepada Alm. Usmar Ismail dan Alm. Dr. RM. Saptohoedojo.

Page 1 of 7

  • «
  •  Start 
  •  Prev 
  •  1 
  •  2 
  •  3 
  •  4 
  •  5 
  •  6 
  •  7 
  •  Next 
  •  End 
  • »
Biografi Bismar Siregar di TokohIndonesia.com
Biografi Haryono Suyono di TokohIndonesia.com
Biografi Kak Seto di TokohIndonesia.com
Biografi Jusuf Kalla di TokohIndonesia.com
Biografi Hatta Rajasa di TokohIndonesia.com